Kamis , Februari 20 2020
Home / Berita Terbaru / Terus Dukung dan Promosikan Budaya Dayak Kita
Terus Dukung dan Promosikan Budaya Dayak Kita

Terus Dukung dan Promosikan Budaya Dayak Kita

Kebudayaan adalah suatu hal yang bersifat universal di muka bumi ini. Masing-masing tempat atau daerah pasti memiliki budaya yang unik.

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang di suatu daerah dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis kepada generasi yang berikutnya.

Budaya juga merupakan suatu identitas yang melekat pada individu maupun kelompok. Tanpa adanya budaya maka ibarat manusia tanpa identitas.

Budaya adalah suatu hal yang unik dipandang dari masing-masing individu yang berbeda sehingga mendorong seseorang/kelompok untuk mengetahui lebih jauh tentang kebudayaan suatu daerah dimana tempat asal dari budaya tersebut bertumbuh.

Keinginan untuk mendatangi daerah asal budaya tersebut mendorong saya melakukan perjalanan dan hal ini masuk dalam kategori kegiatan berwisata.

Karena dalam hal ini budaya adalah point of interest dari seseorang untuk berkunjung untuk berwisata.

Menurut A.J. Burkart dan S. Medik (1987): Pariwisata adalah “perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan- tujuan diluar tempat dimana mereka biasanya hidup dan bekerja dan kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu”.

Jika dihubungkan antara pariwisata dan budaya maka munculah istilah Pariwisata berbasis budaya. Sebagai sumber daya yag tidak ada habisnya.

Kebudayaan mampu menyuplai, mengolah dan menampilkan produk wisata yang berlatar belakang budaya kepada wisatawan.

Hal ini terbentuk akibat dari rasa ingin tahu dan mencoba serta menikamti kebudayaan suatu daerah yang unik.

#SalamBudaya
#PalangkaRaya
#28April2018
#PjR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*