Rabu , November 25 2020
Home / Pengembangan / Terpanggil Jadi Peneliti ? Silahkan Lewat Jalur Inpassing
Terpanggil Jadi Peneliti ? Silahkan Lewat Jalur Inpassing

Terpanggil Jadi Peneliti ? Silahkan Lewat Jalur Inpassing

Foto : Pusbindiklat Peneliti LIPI

Dalam pembukaan sosialisasi aturan pada tanggal 1 Agustus 2017 yang lalu di Pusat Inovasi LIPI Cibinong, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M. Agr., selaku Wakil Kepala LIPI menjelaskan, bahwa munculnya aturan ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan PNS dalam Jabatan Fungsional melalui Penyesuaian/inpassing.

Dalam  acara ini juga, Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI Prof Dr. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc., memaparkan bahwa terbitnya Perka LIPI Nomor 5 Tahun 2017 memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para ASN yang ingin berkarier sebagai peneliti sesuai dengan syarat yang berlaku melalui mekanisme uji kompetensi. Uji kompetensi adalah adalah bentuk tanggung jawab LIPI sebagai instansi pembina pejabat fungsional peneliti untuk melakukan seleksi kandidat peneliti sehingga dapat tetap menjaga kualitas dan mutu peneliti.

Sebelum penetapan Peraturan Kepala LIPI tentang inpassing, LIPI juga telah meminta seluruh instansi untuk menyusun formasi peneliti dengan perhitungan yang sudah ditetapkan. Kebutuhan peneliti dihitung berdasarkan beban kerja yang diemban instansi, sehingga instansi dapat menetapkan formasi dalam jangka waktu 5 tahun disesuaikan dengan penetapan Renstra. Untuk pelaksanaan inpassing, LIPI telah meminta instansi untuk menyampaikan formasi peneliti tahun 2017-2019, dan penetapan formasi inilah yang akan menjadi dasar pelaksanaan inpassing. Data formasi dari seluruh instansi akan di laporkan kepada MENPAN RB dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) serta dapat diakses pada laman www. formasi.pusbindiklat.lipi.go.id

Pada  acara ini yang dihadiri  125 peserta dari 58 Kementerian/LPNK ini juga diluncurkan Sistem Informasi Inpassing Peneliti (PASTI) yaitu sistem pengusulan inpassing secara online. Dengan PASTI instansi dapat mengusulkan para ASN yang telah memenuhi syarat untuk menjadi peneliti melalui www.sipasti.epeneliti.lipi.go.id. LIPI berharap kesempatan ini  dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh instansi, karena peluang terakhir yang diberikan oleh MENPAN RB agar instansi dapat menata formasi jabatan sesuai dengan beban kerja organisasi.(LIPI)

Bahan paparan sosialisasi dan Pedoman Perhitungan Jabatan Fungsional Peneliti dapat diunduh pada link  di bawah ini :

  1. Formasi-Jabatan-Fungsional-Peneliti.pdf (772 downloads)
  2. Sosialisasi-Perka-LIPI-NO-05-Tahun-2017.pdf (54713 downloads)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*