Minggu , Maret 29 2020
Home / Berita Terbaru / Tari Pedalaman Dari Kabupaten Murung Raya Dalam Festival Budaya Isen Mulang 2019
Tari Pedalaman Dari Kabupaten Murung Raya Dalam Festival Budaya Isen Mulang 2019

Tari Pedalaman Dari Kabupaten Murung Raya Dalam Festival Budaya Isen Mulang 2019

Tarian Duran diangkat dari Tradisi Kebudayaan yang diangkat dari masyarakat dayak yang ada di Murung Raya dengan merefleksikan ucapan rasa syukur kepada Maha Besar Tuhan serta sikap demokrasi, kebersamaan, keeratan, kerukunan yang kuat kemasyarakatnya.

Duran ini merupakan pucak prosesi adat dari semua pesta tradisi dilaksanakan oleh Suku Dayak Siang, Ut Danum, Tunan Karehu dimana pada prosesi upacara adat ini beranjak dari filosifi bahan duran yang terbuat beras ketan yang bila dimasak akan lengket susah untuk dipisahkan. Begitu pula harapan dan do’a pembuka pesta berkeinginan dapat mempererat persaudaraan kerjasama yang baik hidup rukun kerjasama dan sejehtera yang berkesinambungan dalam kehidupan mereka.

Inilah salah satu Penampilan Tari Pedalaman peserta dari Kabupaten Murung Raya dalam Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019, yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah di Taman Budaya Kalimantan Tengah, di Jalan Temanggung Tilung XIV. Palangka Raya, Kamis (20/6/2019) malam lalu. (PjR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*