Rabu , Juli 15 2020
Home / Berita Terbaru / Sebuah Penelitian Menemukan Bahwa Minum Teh Bisa Membuat Orang Lebih Kreatif
Sebuah Penelitian Menemukan Bahwa Minum Teh Bisa Membuat Orang Lebih Kreatif

Sebuah Penelitian Menemukan Bahwa Minum Teh Bisa Membuat Orang Lebih Kreatif

Getty Images/iStockphoto

Selain mampu menghilangkan dahaga dan membuat suasana hati menjadi lebih baik, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Peking di China menunjukkan bahwa minum teh bisa membuat seseorang menjadi kreatif. Temuan ini dipublikasikan di jurnal Food Quality and Preference

Dilansir dari nypost.com, hanya minum setengah cangkir teh bisa memberikan inspirasi dibandingkan minum air putih. Teh mengandung kafein dan theanine, Kandungan tersebut dinilai dapat meningkatkan kecepatan, akurasi dan tingkat konsentrasi.

Selain itu, peneliti juga percaya bahwa kandungan ini bisa membantu memperbaiki suasana hati seseorang santai dengan cara seperti meditasi. Pemimpin studi Yan Huang, melakukan melakukan dua eksperimen di mana masing-masing berdurasi 20 menit pada 90 siswa.

Responden dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama ditugaskan mengkonsumsi teh dan kelompok kedua ditugaskan mengkonsumsi minum air putih, tiga menit sebelum tugas dimulai. Selanjutnya, Yan Huang meminta kelompok tersebut dengan kelompok yang terpisah membuat konstruksi menarik dari sebuah bangunan dan menentukan nama dari sebuah restoran mie baru dengan menggunakan kreativitasnya.

Hasilnya pun mengejutkan. Kelompok pertama yang mengkonsumsi teh mendapatkan nilai rata-rata 6,54 poin dalam tes konstruksi bangunan dan 4,1 poin dalam memberikan nama restoran mie baru. Sedangkan kelompok kedua yang mengkonsumsi minum air putih hanya mendapatkan nilai rata-rata 6,03 poin dalam tes konstruksi bangunan dan 3,78 poin dalam memberikan nama restoran mie baru.

Yan Huang berkata: “Penelitian saat ini menunjukkan bahwa minum teh dapat meningkatkan kinerja kreatif dengan pemikiran yang berbeda.

“Karya ini berkontribusi untuk memahami fungsi teh pada kreativitas dan menawarkan cara baru untuk menyelidiki hubungan antara konsumsi makanan dan minuman dan peningkatan kondisi manusia.”

Tim Bond, dari Tea Advisory Panel yang didanai industri, mengatakan: “Ini adalah berita bagus untuk peminum teh dan menambah bukti bahwa teh berdampak positif pada kesehatan mental.” (PjR/nypost.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*