Selasa , Oktober 20 2020
Home / Penelitian / Riset: Kecerdasan Emosional Tinggi Bisa Buat Orang Lebih Kaya
Riset: Kecerdasan Emosional Tinggi Bisa Buat Orang Lebih Kaya

Riset: Kecerdasan Emosional Tinggi Bisa Buat Orang Lebih Kaya

Menjadi impian hampir semua orang untuk sukses, termasuk dalam hal pekerjaan. Keinginan ini tentu diikuti dengan mimpi untuk bisa memiliki banyak uang dan hidup bahagia.

Tapi tahukah Anda, kunci untuk menjadi kaya ternyata tidak berhubungan dengan kepintaran atau jenjang karier. Hasil riset membuktikan, orang dengan kecerdasan emosional (EQ) yang baik justru bisa meraup kekayaan lebih banyak.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh psikolog dari Miami University, Joseph Rode. Dalam jurnalnya yang diterbitkan pada 2017, Rode mengungkap orang dengan kecerdasan emosional tinggi bisa dengan mudah menemukan orang yang bisa membantu mereka dalam pekerjaan. Akhirnya, orang-orang ini pun bisa memiliki kemampuan yang diperlukan untuk meniti tangga karier dan mendapat gaji lebih besar.

“Orang-orang yang tinggi dalam EQ dapat mengidentifikasi, memahami, dan mengatur emosinya dengan cara yang memungkinkan mereka berkomunikasi dengan baik dengan orang lain, memikirkan masalah yang mereka hadapi, membentuk hubungan, dan memelihara hubungan mereka dari waktu ke waktu,” tutur Rode seperti dilansir dari Psychology Today, Selasa (10/10/2017).

Hal yang sama juga dikatakan oleh psikolog Susan Whitbourne. Menurut Whitbourne, orang dengan kecerdasan emosional yang baik memiliki kemampuan yang baik untuk menangani hubungan kompleks, stress hingga membuat kemampuan membuat keputusan. Kecerdasan emosional juga, menurut Whitbourne, menjadi kunci kesuksesan pekerja yang berada dalam level pertengahan atau manajerial.

“Ternyata, bagi orang-orang yang di level pekerjaan pemula, EQ tidak memiliki dampak pada gaji. Namun mereka yang berada di tingkat pekerjaan yang lebih tinggi, EQ yang baik bisa berdampak pada gaji yang lebih tinggi,”

“Seperti yang penulis catat, EQ sangat penting bagi individu saat mereka naik ke jajaran manajerial bila keterampilan lanjutan ini dibutuhkan,” terangnya.(PjR/liputan6.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*