Minggu , Maret 29 2020
Home / Berita Terbaru / Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan Se Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2018
Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan Se Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2018

Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan Se Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2018

Sebagaimana yang diamanatkan Pasal 219 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, bahwa Badan Penelitian dan Pengembangan sebagai fungsi penunjang urusan pemerintahan, menjadi kewenangan daerah, dimana Badan Penelitian dan Pengembangan melaksanakan tugas dan fungsi utama di bidang penelitian dan pengembangan guna membantu kepala daerah dalam perumusan kebijakan strategis dan regulasi, penyelenggara inovasi daerah dan pembinaan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Selanjutnya, Pasal 386 ayat (1) Undang-Undang 23 Tahun 2014 disebutkan bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi sebagai upaya meningkatkan daya saing daerah. Inovasi daerah sebagai semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dimana Badan Penelitian dan Pengembangan daerah sebagai pelaksana teknis yang membantu tugas dan fungsi kepala daerah dalam mengkoordinasikan pelaksanaan inovasi daerah.

Hal inilah yang mendorong Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya mempunyai tanggungjawab khususnya dibidang penelitian dan pengembangan untuk melaksanakan Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan Badan Penelitin dan Pengembangan Kota Palangka Raya. Sehingga dengan demikian sebagai Satuan Organisasi Perangkat Daerah mampu memahami pentingnya penelitian dan pengembangan demi terciptanya inovasi-inovasi dalam percepatan pembangunan pada sektor unggulan.

Maksud dan Tujuan dilaksanakannya kegiatan RAKORDA Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya, yaitu :

  • Memberikan Arah Kebijakan Pembangunan Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2019;
  • Menyusun rencana tindak lanjut Pengembangan dan Pembinaan Pusat Inovasi untuk meningkatkan Daya Saing Daerah dan Pengembangan Ekonomi;   
  • Adanya Pedoman Dewan Riset Daerah Kota Palangka Raya untuk Menyusun Agenda Riset Daerah (ARD) Pemerintah Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2019;
  • Menjadi Program Kerja Kajian SOPD Tahun Anggaran 2019;

Tema Kegiatan RAKORDA Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Tahun 2018, adalah :

“Dengan Penyelenggaraan Rakorda Kelitbangan Tahun 2018, kita wujudkan Perencanaan Pembangunan yang Proporsional dan Berkualitas dengan melakukan Pengendalian terhadap Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan serta Kerjasama untuk mempercepat Pembangunan melalui Penyusunan Arah Kebijakan Berbasis Hasil-hasil Penelitian”

Sub Tema “Menyusun Rencana Pembangunan yang Proporsional dengan melakukan Pengendalian terhadap Pelaksanaan Pembangunan dan meningkatkan Koordinasi dan Kerjasama dalam Kerangka Percepatan Pembangunan”

Kegiatan RAKORDA Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2018 dilaksanakan dan berlangsung di Swissbel-Hotel Danum Palangka Raya pada Hari Kamis Tanggal 03 Mei 2018 selama 1 (Satu) hari kerja.

Narasumber Kegiatan RAKORDA Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Tahun 2018, adalah :

  • Materi Peningkatan Daya saing Nasional berbasis Ekonomi Inovatif/Ekonomi Pembangunan Kreatif di paparkan oleh Narasumber Bapak Dr. Hadi Supratika, MM dari Peneliti Utama Kebijakan Publik dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Jakarta;
  • Materi Bidang Sosial dan Pemerintahan di paparkan oleh Narasumber Bapak Dr. H.M. Riban Setia, S. Sos., M. Si, Walikota Palangka Raya;
  • Materi Inovasi dan Teknologi di paparkan oleh Narasumber Bapak Prof. Sudharto P. Hadi, MES, PhD, Dosen Universitas Diponegoro Semarang dan Wakil Ketua Dewan Riset Nasional, Jakarta.

Peserta sebanyak 105 Orang  terdiri dari :

  • Kepala SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya;
  • Sekretaris SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya;
  • Perencanaan SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya;
  • Lembaga Penelitian dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Kota Palangka Raya;

Dalam kegiatan RAKORDA Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Tahun 2018, keluaran yang diharapkan adalah :

  • Terdapat adanya hasil perumusan perencanaan Arah Kebijakan Pembangunan sesuai skala prioritas dan sesuai kondisi daerah;
  • Menghasilkan isu-isu strategis sebagai bahan untuk membuat Agenda Riset Daerah Kota Palangka Raya.

Pembiayaan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2018 adalah dibebankan pada DPA-SOPD Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya Tahun Anggaran 2018 Nomor 188.45/ 39/2018.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya, H. M. BARIT RAYANTO, S.Sos., M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota Palangka Raya yang telah memberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan Tahun Anggaran 2018.

“Dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Kelitbangan, berharap pada sesi penyampaian materi, sidang komisi dan paripurna dapat memberikan masukan-masukan guna memberikan dukungan”, pesan Barit dalam sambutannya.

“implementasi dalam pembentukan serta penguatan kelembagaan kelitbangan sebagai action menjadikan lembaga sebagai penentu langkah-langkah perumusan kebijakan daerah melalui penguatan Kajian/Penelitian. pungkasnya”. (PjR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*