Kamis , Februari 20 2020
Home / Artikel / Pesona Kecantikan Gadis Dayak Kalimantan Sejujurnya Bukan Mitos
Pesona Kecantikan Gadis Dayak Kalimantan Sejujurnya Bukan Mitos
Inilah Potret Penari Anak-anak Remaja Kelang Tegai - Foto dok. chris_djoka

Pesona Kecantikan Gadis Dayak Kalimantan Sejujurnya Bukan Mitos

Pesona Kecantikan Gadis Dayak Kalimantan Sejujurnya bukan Mitos, Sebelum menginjakan kaki di Bumi Borneo tidak sedikit orang yang membayangankan keberingasan dan kekejam suku Dayak.

Tapi jangan salah yang akan anda temukan bukan seperti itu, justru masyarakat Dayak yang tinggal di pulau borneo (kalimantan) sebenarnya ramah tamah dan bahkan cenderung sangat pemalu.

Ada banyak cerita tentang wanita dayak. Baik tentang beragam mitos dan stigma serem yang terlanjur beredar di tengah publik. Tapi, setelah mengenal lebih jauh dan menyibak fakta-fakta sebenarnya, setiap lelaki pasti akan berfikir ulang.

Seorang Penari Suku Dayak Wehea Saat Perform Pesona Budaya Wehea 2018 – Foto dok. Demang Linus

Stigma wanita dayak yang berbahaya. Atau selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal magis akan hilang dengan sekejap.  Apalagi saat anda mengenal mereka lebih dekat.

Alih-alih angker dan serem, wanita-wanita Dayak justru menunjukkan sifat dan sikap yang sebaliknya. Jujur saja, dari semua wanita di wilayah Indonesia, gadis Dayak-lah yang bisa dikatakan paling welcome.

Ada juga sebagian orang yang berpikiran jikalau gadis Dayak itu hitam dan tak terawat, bahkan ada mitos yang lebih parah lagi kalau gadis dayak bisa membuat laki-laki yang menggodanya linglung. Sejujurnya pikiran dan mitos seperti itu salah besar. Bahkan ada yang mengatakan kalau gadis Dayak tidak kalah dengan Artis korea.

Seorang Penari dan juga Pelajar Suku Dayak Kenyah dari Long Beliu Saat Perform di Kampung Merabu – Foto dok. chris_djoka

Mungkin masih banyak orang yang belum benar-benar percaya dengan ini. Tapi, dijamin akan membuktikannya dengan mata kepala sendiri kalau sudah pernah ke Kalimantan.

Buat para pria belum menikah (jomblo), wanita Dayak kalian harus masuk dalam catatan target. Khususnya untuk dipertimbangkan sebagai pasangan hidup. Tak hanya sebagai pacar, tapi istri. Kenapa? Alasannya tak lain lantaran gadis Dayak itu istri-able banget. Wanita dayak memiliki segenap keagungan sosok wanita.

Penari dan juga Pelajar Dayak Kalteng Saat Perform HUT 3 Tahun Sanggar Seni dan Budaya Igal Jue

Gadis Dayak itu Berhati Lembut dan Santun, Tidak Masalah Dengan Perbedaan
Banyak yang beranggapan Suku Dayak itu angker, sangar, dan mudah tersinggung. Kenyataannya justru berbalik total. Suku Dayak dididik dengan budi pekerti sopan yang agung oleh keluarganya. Begitu juga dengan gadis-gadisnya. Rasanya lengkap, sudah memiliki wajah yang cantik dibarengi dengan perangai yang sopan dan ramah pula.

Tak hanya lemah lembut, wanita Dayak juga sama sekali tak masalah dengan perbedaan. Intinya hanya satu, kamu sopan dan baik mereka pun sama. Terlepas dari semua perbedaan yang ada. Termasuk status para pendatang di daerah mereka.

Sehingga, mereka tidak berpantang untuk memilih pasangan hidup dari luar suku mereka. Bagi wanita Dayak, memiliki suami orang luar Kalimantan pun juga tak masalah.  Yang penting suka sama suka.

Seorang Penari Suku Dayak Kenyah dari Long Beliu Saat Perform di Kampung Merabu – Foto dok. chris_djoka

Gadis Dayak yang masih muda pada umumnya memiliki kulit putih bersih, kulit tersebut bukan hasil perawatan kecantikan atau semacamnya. Uniknya, kulit gadis Dayak tidak berubah gosong atau kecoklatan walaupun sering berpanas-panasan di bawah terik matahari Khatulistiwa.

Kebanyakan gadis dayak memiliki mata elang ada juga sebagian yang bermata sipit layaknya orang tionghua. Maksud mata elang adalah mata lebar, tajam, dan bening. Tatapan mata berpadu dengan wajah yang lembut dan kulit putih langsat justru semakin menegaskan kecantikan alami yang dibawa sejak lahir.

Wajah cantik dan manis gadis dayak tentu saja membuat kaum Adam dari penjuru dunia mana pun terpikat, tidak heran jika ada mitos wanita Dayak bisa membuat laki-laki linglung saat pulang ke kampung halaman, Bagaimana mungkin laki-laki bisa betah di kampung halamannya bila hatinya sudah tertambat di Kalimantan.

Mulai tertarik bukan? Mari simak Pesona Kecantikan Gadis Dayak berikut ini. Saya ambil dari youtube: Bawi Dayak, Dipublikasikan tanggal 4 Des 2016, Kenyataan yang akan membuat anda terpesona dibuatnya.

Yang merasa bangga jadi Gadis Dayak, katakan Salam Budaya. (PjR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*