Selasa , November 24 2020
Home / Artikel / Khasiat Kepala Ikan Toman Bagi Manusia Terutama Bagi Pria
Khasiat Kepala Ikan Toman Bagi Manusia Terutama Bagi Pria
by Wen,www.tarungnews.com - 90.991 hit(s)

Khasiat Kepala Ikan Toman Bagi Manusia Terutama Bagi Pria

        Setiap akhir pekan mulai hari Sabtu dan hari Minggu, buat penghobby memancing merupakan suatu kegiatan rutin dan menjadi olahraga tersendiri, terutama bagi pergerakan kaki, tangan, mata, dan panca indra yang lainnya. Kebiasaan ini tak bisa di elak lagi, kecuali pada musim hujan dan air pasang.

          Ikan Toman merupakan ikan air tawar Predator yang cukup menyeramkan bagi ikan kecil air tawar, ikan Gabus memiliki kesamaan dengan ikan Toman, Ikan ini memiliki nama lain Snakehead alias Kepala Ular. Mengapa dijuluki demikian? Ini karena Toman memiliki bentuk kepala seperti ular. Selain ikan Gabus atau bahasa banjarnya Haruan, ada ikan Kihung, Ikan Karandang, Ikan Peang kesemuaan ini memiliki persamaan atau bersaudara dekat, yang menjadi perbedaan antara satu dengan yang lain adalah Warna Sisik dan biasanya masing-masing memiliki  perilaku yang hampir mirip, seperti ikan Karandang habitatnya selalu mengumpul dalam satu tempat tidak menyebar atau menyendiri.

Foto :Ferry/Bid.I/2019/Ikan Peang

Foto :Ferry/Bid.I/2019/Ikan Peang

          Ikan Toman rasa dagingnya hambar berbeda dengan ikan Gabus, Ikan Kihung, Ikan Peang dan Ikan Karandang, masing-masing memili ciri khas rasa dagingnya, Ikan Toman sering diolah menjadi aneka macam makanan, seperti ikan bakar, sop ikan, gulai ikan, menjadi abun atau serbuk bahkan di potong sedemikian rupa dan di keringkan sehingga menjadi ikan asin dan kerupuk. Ikan Toman memiliki daging yang tebal dan lembut sehingga pada waktu di masak bumbu dapur lebih banyak daripada biasa kita memasak ikan air tawar yang lain, karena dagingnya yang terasa hambar maka bumbu dapur harus lebih padat biar meresap dalam daging. Paling Top Kepala Ikan Toman diolah/dimasak tanak dengan bumbu yang banyak dan kental, sehingga gurih, enak dan nikmat menikmati Tanak Kepala Ikan Toman yang menjadi Favorit para Pemancing, memberikan gairah dan semangat hidup, lebih memberikan daya tahan tubuh manusia.

Foto : (Ferry/Bid.I/2019/Memancing-Toman-Di-Danau)

Foto : (Ferry/Bid.I/2019/Memancing-Toman-Di-Danau)

          Karena memiki ciri-ciri yang khas dan berbeda dengan ikan air tawar yang lain sehingga Ikan Toman memiliki manfaat yang khusus : Meningkatkan Kinerja Otak, bagi manusia Otak merupakan pengendali organ tubuh, apabila seseorang memiliki cerebellum yang sehat, maka akan mendorong kesehatan dan kecerdasan tinggi. Ikan Toman memiliki Enzim dalam daging dan penghasil minyak untuk kesehatan otak yang terdapat di daerah sirip samping dan juga sirip ekor, seperti lazimnya Sirip Ikan Hiu bernilai tinggi di bandingkan daging yang ada di dalam tubuh ikan tersebut. Dengan demikian mengonsumsi ikan Toman sangat baik untuk Otak supaya tetap fit; Ikan Toman memiliki Daging sebagai Sumber Vitamin, merupakan salah satu jenis ikan yang banyak mengandung sumber gizi yang penting bagi tubuh, terutama Vitamin B Kompleks, A, D, dan E; Selain sebagai pengontrol Tekanan Darah didalam tubuh manusia, sehingga apabila seseorang menderita hipertensi hanya mengonsumsi ikan Toman setiap hari dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah tetap stabil dan terkendali. Ikan Toman di dalam dagingnya mengandung kadar Kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah normal. serta dapat terhidar dari risiko komplikasi kesehatan;

Foto :Ferry/Bid.I/2019/Ikan Toman

Foto :Ferry/Bid.I/2019/Ikan Toman

          Mengkonsumsi Ikan Toman banyak mengandung manfaat omega 3 terdapat gizi serta nutrisi didalamnya. untuk Mencegah Penyakit Jantung; Kandungan asam amino esensial yang terdapat pada ikan Toman sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh. Selain itu juga dapat menghasilkan antibodi, hormon, enzim, dan pembentukan kolagen.

          Dengan demikian, marilah kita sejak dini giat mengkomsusi Ikan Air Tawar ataupun Ikan dari Laut. kurangi mengkonsumsi Daging yang berat, untuk menyeimbangi konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan.(Ferry/Bid.I/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*