Selasa , Mei 26 2020
Home / Artikel / Kesiapan Kawasan Situs Cagar Budaya Sebagai Pendukung Pariwisata Kota Palangka Raya
Kesiapan Kawasan Situs Cagar Budaya Sebagai Pendukung Pariwisata Kota Palangka Raya
Foto : https://independensi.com/2018/08/20/suku-dayak-selamatkan-situs-tumbang-anoi/

Kesiapan Kawasan Situs Cagar Budaya Sebagai Pendukung Pariwisata Kota Palangka Raya

Pariwisata  merupakan  suatu  proses  kepergian  sementara  dari  seseorang  atau  lebih  menuju  tempat lain di luar tempat tinggalnya. Salah satu motivasi wisata yang menjadi andalan dalam  kegiatan pariwisata di Indonesia adalah motivasi budaya.  Palangka Raya merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Tengah yang menyimpan segudang potensi kebudayaan masa lalu yang berasal dari penduduk mayoritas aslinya yaitu suku Dayak.

(Ferry/Bid.I/2019)

(Ferry/Bid.I/2019)

Kebudayaan peninggalan masa lalu tersebut berupa kebudayaan yang bersifat materiil dan non materiil. Kebudayaan yang bersifat materiil merupakan benda – benda seni peninggalan yang dapat kita tangkap secara visual saja seperti :

(Ferry/Bid.I/2019)

(Ferry/Bid.I/2019)

Sedangkan kebudayaan yang bersifat non materiil berupa karya sastra, seni tari, seni musik, dan lain – lain. Potensi ini perlu digali dan dilestarikan agar jati diri kebudayaan suku Dayak tidak akan punah di makan waktu.  Sekarang tugas kita untuk dapat mengidentifikasi bangunan serta kawasan cagar budaya Palangka Raya secara spasial, menganalisis potensi wisata kawasan cagar budaya perkotaan di Kota Palangka Raya serta menyusun arah pengembangan kawasan cagar budaya sebagai potensi wisata perkotaan Kota Palangka Raya.

Foto : Ferry/Bid.I/2019/Batu Banama Bukit Tangkiling

Foto : Ferry/Bid.I/2019/Batu Banama Bukit Tangkiling

Tujuannya adalah menambah khasanah informasi tentang aspek pengelolaan aset sejarah dan budaya di kawasan perkotaan, memberikan informasi kondisi eksisting kawasan cagar budaya di Kota Palangka Raya, memberikan alternatif arahan pengembangan kawasan cagar budaya sebagai komponen penting dalam pengembangan wilayah, sehingga menjadi masukan upaya perencanaan pada masa-masa yang akan datang. Kawasan cagar budaya tersebar di 5 (lima) kecamatan dan di beberapa kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya. Tinggal Kesiapan Kawasan Situs Cagar Budaya Sebagai Pendukung Pariwisata Kota Palangka Raya.(Ferry/Bid.I/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*