Rabu , November 25 2020
Home / Artikel / Jangan Biarkan Pohon-Pohon Semakin Habis
Jangan Biarkan Pohon-Pohon Semakin Habis

Jangan Biarkan Pohon-Pohon Semakin Habis

Jangan Biarkan Pohon-Pohon Semakin Habis

Pohon-pohon mempunyai banyak manfaat bagi kelangsungan hidup manusia di muka bumi.

  • Hutan tropis sangat banyak menyediakan sumber dan jenis obat-obatan yang sangat diperlukan oleh manusia. Banyak jenis tumbuhan hutan lainnya yang masih belum diketahui yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apabila hutan tropis mengalami kepunahan maka sumber obat-obatan yang sangat penting bagi manusia juga akan habis.
  • Hutan merupakan bagian dari jaringan ekosistem alam untuk pembentukan awan dan hujan.Hujan terbentuk karena air menguap membentuk awan, ini dapat terjadi ketika pohon-pohon mengeluarkan air ke udara yang diserap oleh akar pohon dari dalam tanah sehingga membentuk awan yang kemudian menjadi hujan. Apabila tidak ada hutan atau jarang terdapat hutan maka hujanpun akan jarang terjadi dan sebaliknya.
  • Pohon – pohon adalah tempat berlindung dari panas dan ultraviolet yang berbahaya dari cahaya matahari. “Dampak rumah kaca” bumi yang semakin panas akan mengakibatkan lapisan ozon menipis dan hancur maka sinar ultraviolet matahari langsung menembus ke bumi merusak tanaman sehingga menyebabkan kanker kulit manusia karena cahaya yang berlebihan.
  • Pohon-pohon dapat menyerap karbon dioksida yang berbahaya bagi manusia dan pohon dapat mengeluarkan oksigen bagi kehidupan. Karbondioksida berbahaya berasal dari kendaraan bermotor dan dampak rumah kaca. Karena pohon-pohon menyerap karbondioksida maka pohon hutan tropis sangat diperlukan untuk keberlangsungan hidup manusia, sebab pohon dan tanaman mengeluarkan oksigen.
  • Pohon-pohon yang sudah tumbang akan membantu pembentukan lapisan tanah yang baru. Apabila pohon hutan tidak ada maka tidak ada pembentukan lapisan tanah baru. Padahal dalam keadaan yang baik sekalipun perlu 500 tahun untuk membentuk lapisan tanah baru setebal satu sentimeter.
  • Akar pohon dapat mengikat permukaan tanah untuk mencegah erosi akibat hujan dan angin. Hutan gundul akan mengikis dan menghilangkan lapisan atas tanah yang sangat bermanfaat. Kegiatan pertanian mekanis yang sangat berlebihan akan membuat tanah menjadi tandus dan gersang.
  • Pohon-pohon merupakan tempat hidup berbagai jenis hewan yang menjadi pelengkap dan berguna bagi manusia. Pohon-pohon juga merupakan sumber makanan dan tempat tinggal bagi hewan yang hidup disekitarnya.

Pemerintah, swasta dan bahkan setiap orang bertanggungjawab menjaga kelestarian hutan,  menekan penebangan pohon, menghentikan penebangan serta menanam kembali pohon sebanyak mungkin. Ini merupakan hal yang mendesak dan perlu diperhatikan oleh manusia diseluruh dunia.

  • Pemerintah harus melarang penebangan pohon-pohon di daerah-daerah perkotaan tanpa ijin tertulis dari pihak pemerintah.
  • Lembaga-lembaga pemerintah bekerjasama dalam hal menjamin luasan hutan yang dikonversikan bagi perkotaan, pertanian dan industri, agar hutan pohon tidak habis.
  • Industri kehutanan adalah untuk menanam pohon, tumbuh dan dipanen hanya untuk keperluan industri tanpa mengurangi luasan hutan tropis.
  • Pemerintah daerah harus tegas kepada setiap perusahaan untuk melakukan program reboisasi atau penanaman pohon kembali lahan yang gundul. Bertujuan untuk memulihkan perlindungan hutan serta mendorong kembalinya kehidupan satwa liar.
  • Perencanaan kota pada daerah tropis agar menjadikan daerahnya menjadi sorga tanam-tanaman.
  • Setiap orang dan pengusaha didorong dan dirangsang untuk sebaik mungkin mempertahankan sebanyak mungkin pohon disekitar tempat tinggal dan gedung perkantoran dan lain-lain, tentuya dengan manajemen perencanaan kota yang baik.
  • Sebaiknya pemerintah dan usaha industri menghindari penggunaan kayu atau mencari alternatif selain kayu untuk keperluan hidup manusia.(TGS/Bid.3/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*