Selasa , Mei 26 2020
Home / Penelitian / Hasil Penelitian, Melakukan Olahraga Sit-up dan Push-up Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kematian
Hasil Penelitian, Melakukan Olahraga Sit-up dan Push-up Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kematian

Hasil Penelitian, Melakukan Olahraga Sit-up dan Push-up Ternyata Bisa Mengurangi Risiko Kematian

Fhoto dok: artikelkesehatand.com

Olahraga rutin sangat baik untuk mempertahankan kebugaran tubuh. Sayangnya, banyak orang berolahraga hanya ketika sudah terlanjur gemuk untuk membakar lemak di sejumlah bagian. Sebuah penelitian menjelaskan ada beberapa olahraga yang bisa membuat kualitas hidup lebih panjang.

Penelitian itu dilakukan pada 80 ribu orang dewasa yang melakukan olahraga sit-up dan push-up. Ternyata olahraga itu bisa mengurangi risiko kematian.

Selama penelitian, para peneliti menemukan fakta bahwa sebanyak 23 persen olahraga itu akan mengurangi risiko kematian dini dengan cara apapun, dan 31 persen mengurangi kematian terkait kanker.

“Studi ini menunjukkan bahwa olahraga yang meningkatkan kekuatan otot seperti push-up dan sit-up sama pentingnya bagi kesehatan seperti aktivitas aerobik, jogging, atau bersepeda,” kata Peneliti Emmanuel Stamatakis dari University of Sydney di Australia seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (7/11).

Fhoto dok: sehatcenter.com

Analisis juga menunjukkan latihan yang dilakukan dengan menggunakan berat badan sendiri tanpa peralatan khusus sama efektifnya dengan latihan berbasis gym. Banyak orang tak memiliki biaya untuk melakukan gym, sehingga mereka bisa menggantinya dengan latihan klasik seperti tricep dips, sit-up, push-up di rumah mereka sendiri. Penelitian tersebut, baru-baru ini dipublikasikan di American Journal of Epidemiology. Sedikitnya ada lima manfaat dari kedua olahraga itu di antaranya.

1. Mencegah Sakit Punggung
Duduk dan bekerja lama dapat menyebabkan sakit punggung. Oleh karena itu, push-up dapat membantu menstabilkan gerakan tubuh sehingga memperkuat punggung bagian bawah.

2. Mengurangi Risiko Osteoporosis
Seiring bertambahnya usia, tulang mulai menjadi lemah. Push-up membantu mengurangi risiko osteoporosis dan memperkuat tulang.

3. Memperbaiki Postur Tubuh
Push-up secara teratur akan memperbaiki postur tubuh. Bila melakukan push-updengan cara yang benar juga menjalankannya dengan benar maka akan memperkuat otot dan postur tubuh.

4. Mengurangi Berat Badan
Bukan hanya makanan, diet sehat wajib diiringi olahraga. Berat badan bisa turun ketika push-up dilakukan teratur serta disiplin.

5. Meningkatkan Energi
Bila seseorang merasa lemas maka push-up dapat meningkatkan sirkulasi darah, membangun panas di tubuh dan membuat otak bekerja lebih efisien.(PjR/radarmalang.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*