Rabu , November 25 2020
Home / Tak Berkategori / BPPIT Kota Palangka Raya Perlu Tenaga Peneliti

BPPIT Kota Palangka Raya Perlu Tenaga Peneliti

Dalam melakukan proses penelitian dan pengembangan (litbang), (Badan Penelitian dan Pengembangan) BPPIT Kota Palangka Raya sejauh ini belum memiliki tenaga peneliti. Sehingga, perekrutan tenaga peneliti saat ini menjadi prioritas penguatan internal di dalam tubuh Balitbang. Kepala BPPIT Kota Palangka Raya H Kaspinor., sangat diperlukan tenaga peneliti yang professional. Apabila Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki  bagus maka tenaga peneliti untuk Pemerintah Kota (Pemko) tidak perlu diragukan lagi.“Kami masih kekurangan dan mencari tenaga peneliti,”

Dijelaskannya, program 2016 salah satunya adalah mencari tenaga peneliti yang bagus. Sementara dalam realisasinya, pihak masih dalam rangka penguatan kelembagaan.  Karena dalam penjaringan, tidak mungkin asal mengambil SDM.

“Kami pun juga sudah minta kepada wali kota terkait pencarian tenaga peneliti yang professional.

Selain itu kami juga sudah bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dewan riset nasional, dan instansi lainnya,” jelasnya.

Bicara soal persyaratan, tenaga peneliti harus berusia di bawah 40 tahun dan berpendidikan minimal S2. Setelah mendapatkan tenaga peneliti yang dimaksud, pihaknya pun berencana akan kembali memberikan pendidikan khusus sesuai dengan penempatan bidangnya.

“Pendidikan khusus akan kita berikan, supaya target yang diinginkan dapat tercapai maksimal,Lebih lanjut, tujuan pembentukan tenaga peneliti ini. Yakni untuk mengetahui bagaimana melakukan riset dan lainnya. Sehingga dengan adanya tenaga peneliti mempermudah dalam hal yang diperlukan oleh Pemko.

Peta kondisi dan posisi BPPIT Kota Palangkaraya hingga saat ini masih berada pada posisi yang lemah. Karena secara internal Balitbang Jatim yang seharusnya fungsional profesional dalam melaksanakan tugasnya banyak terkendala. Misalnya, dari aspek SDM yang sangat terbatas, Rekruitmen tenaga fungsional Peneliti dari unsur-unsur CPNS yang fresh graduate, yang sejak awal diarahkan untuk menjadi tenaga fungsional peneliti hingga sampai pensiun tentunya akan menjadi pilar baru yang menguatkan fungsi litbang ke depan.

(Tim Redaksi BPPIT Kota Palangka Raya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*