Senin , September 21 2020
Home / Berita Terbaru / Focus Group Discussion (FGD) Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2019
Focus Group Discussion (FGD) Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2019
Foto : (Ferry/Bid.I/2019)

Focus Group Discussion (FGD) Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya Tahun 2019

BALITBANG. Focus Group Discussion (FGD) tentang Analisa Potensi Pajak Daerah Kota Palangka Raya pada Senin 24 Juni 2019 pukul 13.00 WIB di Peteng Karuhei I Balai Kota Palangka Raya, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya sebagai peran utama dalam Focus Group Discussion (FGD) menghadirkan Kelompok Kajian Unggulan Permodelan Statistika Bidang Manajemen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Peserta yang hadir adalah SOPD di lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya diantaranya SOPD Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya. 

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya, NYTA BIANYTA REZA mengatakan analisis potensi pajak yang dilakukan oleh Kelompok Kajian Unggulan Permodelan Statistika Bidang Manajemen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dilakukan selama selama 90 hari kerja.

Kota Palangka Raya ada 11 objek pajak yang dianalisa diantaranya adalah Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Parkir, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Air Tanah, dan Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan, kemudian Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2), Pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Penerangan Jalan, dan Pajak Reklame.

NYTA BIANYTA REZA menjelaskan kegiatan yang dilakukan dalam rangka menganalisa sejauh mana potensi Pajak Daerah yang dimiliki Kota Palangka Raya, diharapkan bisa digunakan sebagai bahan dokumen dalam penetapan potensi pajak 5 (lima) tahun ke depan.

Peserta dari Balitbang Kota Palangka Raya yang di wakili oleh Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Bapak MARGALIS,ST.,MT, menyampaikan saran/masukan bahwa hasil kajian ini hasilnya masih belum optimal, karena dalam Kesimpulan dan Rekomendasinya masih belum memuat Kiat-kiat atau Jurus-jurus agar bisa meningkatkan PAD, juga tidak ada nya pembedahan terhadap 11 (sebelas) objek pajak yg menjadi kewenangan Pemerintah Kota Palangka Raya.(Ferry/Bid.I/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*